Awas, Tipuan Scam Pesawat Jatuh Di Facebook !

Advertisement

Sebuah pesawat jatuh menimpa jembatan ! pasti anda ingin membaca berita dan melihat gambar atau rekaman videonya.  Hati-hati, mungkin itu hanya tipuan atau scam yang bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi dari orang-orang tidak bertanggungjawab.

"[BREAKING NEWS] Plane Crash on a Bridge this morning May 19, 2014!! Still no signs of survivors". Mendengar kabar tersebut, siapa yang tak terkejut? Namun tenang, itu cuma aksi tipu-tipu penjahat cyber di Facebook.

Awas,  Tipuan Scam Pesawat Jatuh Di Facebook !

Gambar : Huge Plane Crashes Into Bridge scam penipu untuk mengisi survei.

Rekayasa sosial merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan penyebaran malware dan scam. Pemilihan tema yang tepat bahkan terkadang bisa membuat malware sederhana mendapatkan mendapatkan keberhasilan lebih tinggi dibandingkan malware lain yang secara teknis lebih canggih.

Hal ini rupanya diamini oleh pembuat malware yang satu ini. Menumpang isu pesawat Malaysia Airline MH 370 yang hilang dan sampai saat ini tidak diketahui rimbanya, dedemit maya membuat satu scam Facebook tentang pesawat menabrak jembatan. (lihat gambar 1)

Tentu saja ini cuma kabar hoax, dan jika diklik tidak akan menampilkan video yang dijanjikan tetapi malah bertujuan menggiring korbannya mengisi survei palsu yang bertujuan mendapatkan informasi penting seperti nomor ponsel, alamat dan email korbannya.

Tidak tahu apakah survei tersebut berhubungan dengan Cak Lontong atau tidak, tetapi disarankan untuk tidak memberikan informasi yang diminta survei tersebut karena data Anda sangat berpotensi untuk disalahgunakan.
  

Mungkin karena tingginya keberhasilan dari isu pesawat yang mengalami kecelakaan ini, tema tersebut kemudian didaur ulang dan diedarkan pada 19 Mei 2014.

Advertisement

0 Comment "Awas, Tipuan Scam Pesawat Jatuh Di Facebook !"

Posting Komentar

Baru Booming di Indonesia 2019